Nikah Sama Bule Amerika


Tahun 2017 adalah tahun yang nggak disangka-sangka. Salah satu keinginan gue yang selama ini gue nggak berhenti berdoa akhirnya dikabulin Allah SWT, yaitu nikah! Wow, akhirnya gue menikah, dan nggak nyangka gue bakalan nikah sama bule Amerika!

Bener-bener nggak nyangka pacar gue bakal ngelamar gue karena dia sama sekali nggak ada tanda-tanda mau ngelamar. Alhamdulillah. Proses pernikahan kita pun termasuk cepet. Dia ngelamar bulan Februari 2017, kita nikah tanggal 1 Mei 2017.

Syarat-syarat nikah sama WNA Amerika:

  1. Surat Bebas Nikah LNI. Calon suami buat janji online di website US Embassy di Jakarta untuk buat LNI atau surat bebas nikah yang akan diperluin di KUA. Biaya kalo nggak salah $ 50. Nah, setelah buat janji online jangan lupa di print ya bukti janjiannya. Lalu dateng ke embassy sesuai tanggal dan jam, jangan sampe telat! Dokumen yang dibawa yaitu akte lahir, passport, ID, dan uang setara $50 cash, bawa uang rupiah calon gue waktu itu, nggak tau juga bisa pake dollar atau nggak, harusnya bisa. Surat LNI nya lansung jadi hari itu juga.
  2. Copy visa dan calon suami. Cap visa di passport calon suami begitu sampe di Indonesia.
  3. Surat Lapor Diri Akan Nikah di Indonesia. Calon suami lapor diri ke polisi. Karena gue tinggal di sekitar bintaro dan nikah di Mesjid Raya Bintaro Jaya Sektor 9, jadi calon suami gue lapor dirinya ke Polres Tangerang Selatan. Bilang aja mau lapor diri WNA untuk nikah, polisinya udah paham. Jangan lupa bawa foto ukuran 4×6. Harusnya sih nggak bayar, tapi waktu itu ngasih sih sewajarnya. Prosesnya waktu itu dua hari baru dapet surat surat lapor diri.
  4. Dokumen masuk agama Islam bagi yang emang agama sebelumnya bukan Islam. Di Indonesia nggak bisa nikah beda agama. Jadi dokumen calon suami bule yang emang pindah agama perlu. Waktu itu sih orang KUA bilang nggak usah tapi gue dan calon suami tetep kasih dokumen dia jadi mualaf.
  5. Daftar nikah di KUA. Kalau dokumen-dokumen LNI, surat lapor diri, visa dan surat keterangan pindah agama udah lengkap sih sisanya dokumen sama kayak nikah sesama WNI, yaitu ID, copy passport, foto 2×3, foto 4×6 berlatar belakang biru, akte lahir.

Sepengalaman gue sih nggak seribet yang dibayangin orang-orang nikah sama WNA. Bahkan dokumen gue itu baru lengkap dua hari sebelum nikah, tapi udah jauh-jauh hari sih kita ke KUA nya.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

