Belum Finish


Hari ini adalah hari ke-20 di bulan Ramadhan. Saya melihat di sekeliling saya, orang-orang banyak yang tidak menahan amarahnya meskipun mereka berpuasa, ada juga yg bergosip, atau membatalkan puasa di tengah hari.

Kenyataan ini berbeda dengan awal Ramadhan.Β Hari-hari Ramadhan yang telah berlalu di tahun ini bagi saya juga jauh dari harapan. Itu mengajarkan saya bahwa pertempuran paling berat di dunia ini mungkin melawan hawa nasfsu pribadi.

Mungkin di awal Ramadhan semangat kita untuk beribadah mengebu-gebu, tetapi begitu hari-hari berikutnya, sebagian dari kita mungkin terlupa akan makna Ramadhan. Terkadang, banyaknya kesibukan membuat kita menomerduakan Ramadhan, membuang kesempatan untuk sebuah ampunan dosa dan rahmat melimpah yang Allah janjikan.

Kita mungkin tidak sadar bahwa di bulan Ramadhan ini Allah sedang mengajarkan kita banyak hal, dalam kesabaran, kesyukuran nikmat, berbagi, dan lainnya. Saya berfikir, Ramadhan bisa menjadi pelajaran spiritualitas yang hebat, hanya saja kita sering tidak sadar.

Seperti yang dijelaskan Rasulullah SAW, “Barangsiapa mendirikan shalat pada malam Lailatul Qadar, karena iman dan mengharap pahala dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Adakan karunia yang lebih besar selain dosa-dosa kita iampuni?

Dalam majalah Tarbawi disebutkan, Ramadhan begitu kuat karakternya. dalam diamnya begitu terjaga, bulan suci itu menyebarkan aura menggetarkan, tetapi hanya orang-orang tertentu yang bisa menemukan sisi itu dari Ramadhan.

Ramadhan menyisakan 10 hari lagi! Kita masih bisa memperbaiki ibadah kita di bulan suci ini. Sebab, Ramadhan belum finish!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s