Metamorfosa


Hidup itu ibarat sebuah petualangan. Sebagain orang sudah tahu ke mana kakinya akan melangkah, sebagian lagi berpasrah ke mana kaki akan melangkah. Kendati demikian, dalam sebuah petualangan, kita kerap dihadapkan pada pilihan-pilihan dan peristiwa, yang kadang tak terduga. Karena hal-hal itu, bisa jadi kita berhenti sejenak, berpikir ulang, lalu mengubah arah langkah kaki kita.

Akhir bulan Mei lalu, ada beberapa peristiwa penting yang mengiringi perjalanan hidup saya, ulang tahun ke-25 tahun dan resign dari pekerjaan tetap yang cukup mapan, sebagai jurnalis.

Dulu, sewaktu mendapat pekerjaan itu saya sangat bahagia, meski beban kerjanya cukup berat dan gajinya nge-pas. Bagaimana pun, jurnalis adalah pekerjaan impian saya sewaktu duduk di bangku SMP. Saya bersyukur, Allah menolong dan mengantarkan saya pada mimpi saya. Alhamdulillah.

Saat itu, saya berfikir akan menjalani pekerjaan sebagai jurnalis dalam waktu cukup lama. Atau mungkin, sampai saya pensiun. Tapi, tidak, saya berniat berkarir di industri media sekitar lima tahun atau sampai saya mendapatkan beasiswa master di luar negeri.

Selama hampir dua tahun berprofesi sebagai jurnalis, saya mendapat banyak pelajaran dan pengalaman berharga. Mulai dari bertemu pengemis sampai berkenalan dengan orang-orang penting. Mulai dari pergi ke gang-gang kumuh sampai ke pulau-pulau eksotis di negeri ini. Kesempatan ini mungkin tidak bisa saya dapatkan dari pekerjaan lain.

Dalam perjalanannya, tidak semua hal dalam kehidupan saya lalui dengan mudah. Akan tetapi, saya bersyukur, saya telah melalui hal-hal sulit yang saya sendiri tidak menyadari bahwa saya bisa melaluinya. Di samping itu, saya juga berhadapan dengan hal-hal tidak terduga, yang pada akhirnya mengubah jalan hidup saya.

Saat itu terjadi, saya terkejut dengan pilihan saya sendiri. Namun, dengan begitu saya dapat berintrospeksi dan memulai petualangan dari awal. Di usia saya yang ke-25 saya memutuskan berhenti dari pekerjaan impian saya.

Jelang usia 25 tahun, saya berniat dan bertekad untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik, dewasa, dan bijak. Saya berkata hati, saya selesai dengan kebiasaan buruk saya. Ini saatnya menuju jalan yang lurus! haha!

Sementara itu, keputusan berhenti dari pekerjaan sungguh tidak mudah. Dengan begitu, saya harus mulai segala sesuatu dari awal lagi. Tapi saya bertekad, saya mau meraih mimpi saya yang lain, yang lebih besar, dan Insya Allah lebih berkah dan bermanfaat bagi banyak orang. hmm saya mau menjadi editor lepas, penulis, designer, dan tujuan utamanya menjadi seorang istri dan pengusaha yang sukses. (^^)

Pasca berhenti dari profesi jurnalis, tidak saya pungkiri memang terbesit rasa takut akan rezeki untuk kehidupan sehari-hari. Namun, setelah saya renungi, Allah telah mempersiapkan rezeki untuk saya. Beberapa bulan sebelum berhenti kerja, saya ditawari pekerjaan sebagai editor lepas dan setelah berhenti kerja, saya ditawari mengajar. Alhamdulillah.

Kini, saya hanya hanya butuh keberanian, kepercayaan diri, dan kesungguhan untuk memulai menggapai mimpi-mimpi saya. Tentu saja, selalu ada orang-orang tercinta dan Allah yang mengiringi dan membantu langkah saya.

Perubahan hidup ini bermula ketika Allah mempertemukan saya dengan seorang pria, yang kini mengisi hari-hari saya dan sangat saya cintai. Dia membuka mata saya akan hal-hal bodoh yang saya lakukan dan membantu saya untuk hidup yang lebih baik.

Tidak ada kata lain selain bersyukur karena Allah telah menghadirkan pria muda itu ke dalam hidup saya. Kelak, saya ingin bersama dia, selamanya sampai di surga.

Pemuda itu bilang, sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Semoga saja, peristiwa yang terjadi dalam hidup saya untuk alasan-alasan di masa datang yang jauh lebih indah. Semoga!

Di usia 25 tahun, mungkin Allah sedang mengajarkan saya kesabaran, mengajarkan saya tentang keikhlasan, dan menuntun saya kepada belahan jiwa saya. Mungkin juga, Allah sedang mengajarkan dan menuntun saya untuk bermetamorfosa, menjadi saya yang lebih canggih!!! (^0^)

Leave a Reply

